Kamis, 28 Oktober 2010

DNA BISA BERUBAH


Banyak orang yang mempercayai bahwa karakteristik yang diturunkan melalui DNA dari generasi ke generasi oleh bersifat tetap. Namun hasil penelitian mutakhir yang dipimpin oleh Kazuo Murakami, Ph.D. dalam bukunya berjudul The Divine Message of The DNA, Tuhan dalam Gen Kita, mengungkapkan sesuatu pandangan yang berbeda.

Dr. Murakami mengungkapkan bahwa gen kita tidak tetap, tetapi dapat berubah-ubah akibat dari berbagai faktor. Memang benar keturunan mempengaruhi karakteristik dan kemampuan setiap individu. Akan tetapi, walaupun sifat-sifat ini diwariskan secara genetik, gen kita juga dilengkapi dengan tombol nyala / padam yang dapat mengubah fungsi gen tersebut. Misalnya, olah raga teratur akan menyalakan gen-gen yang bermanfaat yang berakibat meningkatnya kekuatan otot dan kesehatan, dan pada saat yang sama juga memadamkan gen yang merugikan.

Namun yang luar biasa adalah kenyataan bahwa mekanisme nyala / padam itu dapat dipicu oleh sikap mental, cara berfikir dan emosi kita. Tertawa misalnya dapat menurunkan secara signifikan tingkat gula darah pada penderita diabetes setelah makan. Gen-gen tertentu juga dapat teraktifkan oleh tawa. Dengan penemuan mekanisme nyala / padam ini terbuka kemungkinan tak terbatas untuk mengembangkan potensi manusia.

Banyak orang berbicara mengenai “hidup” seolah-olah kehidupan adalah sesuatu yang sederhana, padahal tidak ada seorang pun yang dapat bertahan hidup hanya melalui usaha secara sadar. Seluruh fungsi vital kita, termasuk pernafasan dan peredaran darah, diatur oleh cara kerja hormon dan sistem syaraf yang otomatis, sehingga kita tetap hidup walaupun tanpa campur tangan dari usaha pikiran sadar kita. Gen kitalah yang mengontrol sistem-sistem vital ini. Untuk melakukan tugas ini.

Sepertinya memang tidak mungkin jika pengaturan yang begitu hebat ini terjadi hanya secara kebetulan. Sesuatu yang lebih besar pastilah berada di balik keselarasan dunia kita ini. “Banyak orang menggunakan kata Tuhan untuk menjelaskan konsep ini. Walaupun kuasa ini tidak terlihat tidak dapat dengan mudah ditangkap indera kita, dengan bekerja dalam bidang ilmu kehidupan seperti saya ini, saya sangat menyadari keberadaan-Nya.” Ujar Murakami

Sumber : “The Divine Message of the DNA, Tuhan di dalam Gen Kita”, karya Kazuo Murakami, Ph.D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar